Berita Populer

جمع

314 Ribu Kendaraan keluar Jabodetabek menuju Lebaran

Hingga enam hari sebelum Lebaran atau pada hari Minggu, 16 April 2023, sebanyak 314.337 kendaraan telah meninggalkan Jabodetabek melalui jalan tol. Hal ini tercatat oleh Jasa Marga sebagai akumulasi lalu lintas kendaraan yang keluar dari Jabodetabek pada periode H-7 sampai H-6 Idul Fitri 1444 H.

Peningkatan lalu lintas kendaraan

Menurut Kepala Corporate Communication & Community Development Group PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Lisye Octaviana, angka tersebut merupakan hasil dari kumulatif lalu lintas kendaraan yang keluar dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama. Yaitu, GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), GT Cikampek Utama (arah Trans Jawa), dan GT Kalihurip Utama (arah Bandung).

Dalam keterangannya kepada wartawan pada hari Senin, 17 April, Lisye mengatakan bahwa total volume lalu lintas kendaraan yang meninggalkan wilayah Jabotabek meningkat 14,27% jika dibandingkan dengan kondisi normal. Jika dibandingkan dengan periode Lebaran 2022, total volume lalu lintas ini lebih rendah 0,6%. Sedangkan jika dibandingkan dengan prediksi volume lalin Lebaran 2023 pada periode yang sama, total volume lalin tersebut lebih rendah sebesar 7,2%.

Distribusi Lalu Lintas Kendaraan

Secara rinci, distribusi lalu lintas kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju tiga arah yaitu mayoritas sebanyak 166.132 kendaraan (52,9%) menuju arah timur (Trans Jawa dan Bandung), 83.363 kendaraan (26,5%) menuju arah barat (Merak), dan 64.842 kendaraan (20,6%) menuju arah Selatan (Puncak).

Detil Distribusi Lalu Lintas Kendaraan

Berikut detailnya:

Arah Timur (Trans Jawa & Bandung)

  • Lalu lintas kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dengan jumlah 105.992 kendaraan, meningkat sebesar 75,75% dari lalin normal.
  • Lalu lintas kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang, dengan jumlah 60.140 kendaraan, lebih rendah sebesar 9,45% dari lalin normal.
  • Total lalu lintas kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 166.132 kendaraan, meningkat sebesar 31,1% dari lalin normal.

Arah Barat (Merak)

  • Lalu lintas kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 83.363 kendaraan, meningkat sebesar 5,93% dari lalin normal.

Arah Selatan (Puncak)

  • Jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 64.842 kendaraan, lebih rendah sebesar 6,92% dari lalin normal.

Jasa Marga mengimbau pemudik untuk menghindari perjalanan pada waktu sibuk, seperti setelah waktu sahur atau berbuka puasa. Selain itu, pengendara juga diimbau untuk tidak berlama-lama di rest area.