Berita Populer

جمع

23 Acara Pariwisata Ditargetkan untuk 1,5 Juta Wisatawan

/ist/23 Acara Pariwisata Ditargetkan untuk 1,5 Juta Wisatawan.

Dinas Pariwisata Provinsi NTB menargetkan jumlah kunjungan wisatawan ke NTB pada tahun 2023 sebanyak 1,5 juta orang. Untuk mencapai target tersebut, sebanyak 23 acara pariwisata telah disiapkan di kalender event pariwisata tahun 2023.

Jumlah target tersebut naik dibandingkan dengan tahun 2022 yang menargetkan 1 juta wisatawan. Hingga saat ini, wisatawan yang datang ke NTB masih didominasi oleh wisatawan domestik, meskipun Bali telah membuka pintu kedatangan internasional.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi, mengatakan bahwa pada tahun ini Dinas Pariwisata menargetkan 1 juta wisatawan. Namun, angka wisatawan diperkirakan akan mencapai 1,2 juta pada akhir tahun nanti. Saat ini, jumlah wisatawan baru sedikit di atas 900 ribu orang.

Yusron mengatakan bahwa target jumlah wisatawan pada tahun 2023 bukan merupakan bentuk pesimisme terhadap angka kunjungan, namun bersikap realistis.

“Ini tidak berarti kita pesimistis tetapi realistis, berdasarkan kapasitas yang tersedia. Kita tidak ingin menetapkan target yang tinggi namun tidak tercapai,” katanya saat berbicara dalam diskusi bersama Poltekpar Lombok di Mataram pada Kamis (1/12).

Dari 23 acara, sebanyak 10 acara diajukan untuk Kharisma Event Nusantara (KEN) yang merupakan kolaborasi antara Kemenparekraf, pemerintah daerah, dan seluruh stakeholder pariwisata.