Berita Populer

جمع

11 Maskapai China Kembali Terbangkan Boeing 737 MAX


Beijing

11 maskapai penerbangan China kembali menggunakan pesawat Boeing 737 MAX hingga 10 April. Produsen pesawat asal Amerika Serikat (AS), Boeing, menyebut ini sebagai pertanda positif bagi upaya membangun kembali bisnis di pasar penerbangan terbesar kedua di dunia.

Berdasarkan akun resmi WeChat Boeing, jumlah pesawat Boeing 737 MAX yang kembali ke layanan komersial mencapai 43 unit karena para maskapai China membelinya kembali.

Jumlah itu mencapai sekitar 45% armada Boeing 737 MAX yang dimiliki oleh maskapai-maskapai China.

Pesawat Boeing 737 MAX terkenal laku di pasaran, namun dilarang terbang atau di-grounded secara global pada Maret 2019 setelah terjadi kecelakaan fatal di Indonesia dan Ethiopia yang menewaskan ratusan orang.

Namun mulai akhir 2020, pesawat jenis itu kembali dioperasikan oleh sejumlah maskapai di berbagai negara setelah Boeing melakukan modifikasi terhadap pesawat dan memberikan pelatihan pada pilot yang menerbangkannya.

China menjadi pasar besar terakhir yang melanjutkan operasional Boeing 737 MAX di tengah ketegangan perdagangan yang terjadi antara negara itu dan AS. Pesawat ini kembali beroperasi karena permintaan perjalanan dalam negeri yang terus meningkat setelah China meninggalkan kebijakan nol-COVID.

Maskapai-maskapai asing mulai menerbangkan Boeing 737 MAX ke China pada Oktober 2022. Pada Januari lalu, China Southern Airlines terbang dari Guangzhou menuju Zhengzhou dengan 737 MAX, menjadikannya penerbangan komersial pertama dengan pesawat jenis itu di China dalam empat tahun terakhir.

Baca berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Tonton video ‘Kala Maskapai Dunia Ramai-ramai Kandangkan Boeing 737 MAX’:

[Gambas:Video 20detik]

Halaman
1
2

Selanjutnya